Kominfo Kumpulkan Relawan TIK Solo Targetkan 1 Juta Domain

| June 2, 2017 | 0 Comments

Satu Juta DOmain Kominfo

Solo – Untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi Indonesia dan memanfaatkan internet, Kominfo mentargetkan 1 juta domain untuk aktivasi website di seluruh Indonesia dengan kriteria desa, umkm, pondok pesantren, komunitas, sekolah atau lembaga sejenis lainnya. Dalam paparannya Septriana Tangkary, SE, MM mengatakan bahwa penetrasi pengguna internet di Indonesia masih didominasi di Pulau Jawa. Dan 85% nya mengakses internet menggunakan media ponsel mereka. Saat ini sebagian besar gaya hidup sudah terpengaruh oleh kehadiran internet. Dari sejak belanja kebutuhan sehari – hari sampai kebutuhan formal. Hampir 60 juta UKM di Indonesia 37% nya masih menggunakan internet tingkat dasar.
UKM di Indonesia mempunyai Tantangan Semakin meningkatnya penggunakan Internet, semakin menumbuhkan budaya belanja online (e-commerce). 95 Persen Barang yang diperdagangkan secara online berasal dari China. Alibaba Group dalam waktu dekat akan melakukan ekspansi ke Indonesia. Maka Dampaknya adalah UMKM Indonesia akan semakin tertekan karena pasar akan dibanjiri produk dari China padahal UMKM adalah tulang punggung ekonomi Indonesia yang menyumbah 58,8% PDB Indonesia Semakin membuat Indonesia sebagai negara konsumen perahan produk luar negeri. Maka Kementerian Komunikasi dan Informatika memberikan domain dan hosting kepada UMKM, Sekolah, Komunitas dan Pesantren secara gratis selama 1 tahun. Program ini menTargetkan 40.000 Website. Tujuannya program adalah Mempersiapkan UMKM untuk mulai Go Online apapun produknya di sebuah Toko Online Milik UMKM sendiri. Memenuhi pasar e-commerce Indonesia dengan produk asli Indonesia agar dapat membendung ekspansi Alibaba Group. Menumbuhkan jumlah konten positif di Indonesia dan Meningkatkan ketahanan konten Internet Indonesia. Untuk sementara program diberlakukan di 20 kota besar di Indonesia. Untuk jawa Tengah sendiri ada 3 lokasi yaitu Semarang, Pekalongan dan Solo.
Dalam menjalankan Edukasi Pengisian Konten Bagi Penerima Domain .id, Direktorat Pemberdayaan Informatika merekrut total 500 fasilitator di seluruh Indonesia. Siapa saja bisa menjadi Fasilitator dengan mengisi Formulir Fasilitator Dokumen yang dibutuhkan adalah KTP, NPWP dan Buku Rekening. Begitu kata Septiantri menutup paparanya.

Sementara Pak Siswoyo selaku Kepala Seksi Kemitraan Informatika Masyarakat lebih menitikberatkan pada hal teknis fasilitator dan responden.
PANDI Sebagai Registri sangat berperan penting dalam hal ini. Karena PANDI adalah institusi yang memberikan wenang menyetuji sebuah nama domain di Indonesia. Registri Nama Domain adalah penyelenggara yang bertanggung jawab dalam melakukan pengelolaan, pengoperasian, dan pemeliharaan Penyelenggaraan Sistem Elektronik Nama Domain.
Acara yang dilaksanakan di ruang sidang STMIK AUB Surakarta ini secara umum men dapatkan sambutan positif. Bambang Eka Purnama sebagai salah satu fasilitator mengatakan bahwa di Solo ada 18 fasilitator namun tersebar dibeberapa lokasi. Ada Pekalongan, Magelang, Klaten, Boyolali, Sragen dan hampir diseluruh karesidenan Surakarta. Bambang sangat menyambut positif agenda positif ini karena sangat yakin akan sangat bermanfaat bagi negara dan masyarakat. Lebih lanjut Bambang mengatakan silahkan masyarakat menghubungi fasilitator yang ada termasuk dirinya untuk mendapatkan fasilitas website gratis ini.

Tags: , , , , , , , , , ,

Category: Mitra

About the Author ()

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *